Monday, February 16, 2015

Mengenal Taman Nasional Di Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, Anda harus bersyukur. Alasannya adalah ekosistem di Indonesia dapat dikatakan tidak kalah dengan negara lain. Apalagi pesona alam Indonesia benar-benar dapat disandingkan dengan negara manapun. Berbicara mengenai pesona alam, maka akan mengarah pada pemandangan alam. Di Indonesia, Anda dapat menikmati taman nasional. Taman nasional merupakan taman untuk melestarikan alam dan menjaga keaslian dari ekosistem di dalamnya. Bahkan beberapa taman nasional indonesia sudah masuk dalam “Situs Warisan Dunia” yang ditetapkan oleh UNESCO.

Mulai dari taman nasional Lorentz yang ada di Papua Barat, taman nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur, serta taman nasional Ujung Kulon yang ada di Banten. Namun tentu saja tidak hanya itu taman nasional yang ada di bumi pertiwi ini. Anda harus mengenal mana saja taman nasional yang ada di Indonesia.

Taman nasional indonesia

Daftar Nama Taman Nasional Dalam World Heritage Sites

Beberapa taman nasional yang ada di Indonesia berada dalam pengelolaan serius. Anda tentu harus tahu sebagai warga negara Indonesia yang turut melestarikan keberadaan taman-taman nasional tersebut. Ada taman nasional Kerinci Seblat yang ada di Jambi. Kemudian ada taman nasional Gunung Leuser yang ada di Aceh serta Sumatera Utara. Ada taman nasional Bukit Barian Selatan yang ada di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, serta Bengkulu. Beberapa nama taman nasional di atas juga tergabung dalam taman nasional indonesia “Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera” oleh UNESCO.

Daftar Nama Taman Nasional Dalam Cagar Biosfer

Taman nasional Gunung Leuser juga masuk dalam daftar taman nasional cagar biosfer. Selain itu, ada juga taman nasional Siberut yang ada di pulau Sumatera. Di pulau Jawa sendiri terdapat taman nasional Gunung Gede Pangrango. Dan ternyata taman nasional Komodo pun masuk dalam daftar cagar biosfer. Ada lagi taman nasional Tanjung Puting di puau Kalimantan yang masuk dalam cagar biosfer. Tidak ketinggalan dengan taman nasional Lore Lindu di pulau Sulawesi.

Ternyata Indonesia memiliki ragam taman nasional yang luar biasa. Melalui pengelolaan taman nasional indonesia menjadi langkah yang baik dalam menjaga ekosistem.